Rabu, 28 Juli 2010

Mengenal Ruang Kerja Photoshop 7

Sebelum misteri memulai panduan belajar Photoshop ini, perlu misteri jelaskan kenapa misteri memilih Photoshop versi 7 sebagai program untuk belajar. Hal ini karena didasarkan pada asumsi bahwa tidak seluruh orang yang memiliki komputer dengan spesifikasi tinggi yang mampu untuk menjalankan Adobe Photoshop dengan versi yang lebih baru (versi 9, CS 2, CS 3 dan CS 4). Juga perlu dipahami bahwa versi-versi terbaru hanyalah pengembangan menu dan tool yang dimiliki oleh Adobe Photoshop versi sebelumnya, dan tutorial ini adalah tahapan awal untuk memberikan pondasi pengenalan bagi para pemula untuk memahami dan menggunakan software Adobe Photoshop.

 
Pada area kerja inilah semua kegiatan menggambar akan kita lakukan. Mulai dari pembuatan garis sederhana, manipulasi, retouching sampai pengeditan. Anda harus mengetahui ruang kerja ini karena semakin Anda memahami ruang kerja, maka semakin cepat dan mudah bagi Anda utnuk melakukan pekerjaan dan menjalankan langkah-langkah pada tutorial.
Secara garis besar, area kerja terbagi menjadi beberapa komponen antara lain:
 
1. Menu Bar
Menu Bar berisi menu perintah. Menu-menu tersebut di kelompokkan berdasarkan topik.

Sebagai contoh, Layer Menu berisi perintah yang berhubungan dengan layer, lalu layer filter berisi perintah berkaitan dengan filter yang bisa Anda gunakan untuk memanipulasi sebuah gambar.
 
2. Toolbox
 
Toolbox berisi peralatan untuk membuat dan mengedit image. Anda bisa memilih sebuah tool dengan cara mengklik icon pada tolbox.

Segitiga kecil pada kanan bawah icon menunjukkan adanya tool lainnya yang sejenis. Untuk mengeluarkan tool yang tersembunyi, klik kanan pada icon maka akan muncul menu yang berisi tool lain. Anda bisa melihat daftar di bawah ini untuk melihat jenis tool yang ada pada toolbar.
Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbox, klik Window>Tools. Tanda centang menunjukkan bahwa toolbox sedang aktif.
Di bawah ini Anda bisa melihat tool yang muncul saat Anda melakukan klik kanan pada icon di toolbar:

3. Option Bar
 
Option bar berisi option atau pilihan saat menggunakan sebuah tool (alat).
Sebagai contoh saat Anda menggunakan Lasso tool, pada option bar Anda akan menjumpai menu yang berhubungan dengan Lasso tool seperti feather, anti alias dan jenis seleksi.
Untuk menampilkan tool option bar, klik window>Option, klik sebuah tool pada toolbox.

Option bar untuk Brush Tool

Option bar untuk Text Tool

Untuk mengembalikan sebuah tool atau semua tool ke setting semula, klik kanan pada icon tool pada option bar, lalu pilih Reset Tool atau Reset All Tools dari menu yang muncul.
 
4. Palettes
 
Palettes berguna membantu Anda untuk memonitor, mengedit dan memodifikasi image. Secara default, palettes muncul dalam sebuah grup.
 
 
Palettes dalam grup dan palette yang berdiri sendiri
Cara menampilkan satu palette, pilih nama palette pada menu Window.
Menampilkan atau menyembunyikan semua palette yang terbuka, option bar, dan toolbox, tekan Tab.
Menampilkan atau menyembunyikan semua palette, tekan Shift+Tab.
 
5. Pengertian Layer
 
Dalam sebuah palette, Anda akan menjumpai layer. Inilah bagian canggih yang dimiliki oleh sebuah program pengolah image. Dengan layer, Anda leluasa untuk mengedit sebuah image.
Mungkin Anda agak bingung dengan pengertian layer. Di sini layer saya gambarkan sebagai kaca transparan yang menyusun sebuah gambar. Jika 3 buah kaca tersebut berisi gambar lalu digabungkan, maka akan terbentuk sebuah gambar baru.
Seperti contoh, jika kaca 1, kaca 2 dan kaca 3 digabungkan, maka Anda akan melihat gambar seperti pada kaca 1, kaca 2 dan kaca 3.
Posisi kaca 1 terletak paling bawah, kaca 2 berada di atas kaca 1, dan kaca 3 berada di atas kaca 1 dan kaca 2.

Perintah Pada Modul Ini
 
Di bawah ini adalah beberapa perintah yang sering Anda jumpai dalam modul ini:
    Di bawah ini adalah beberapa perintah yang sering Anda jumpai dalam modul ini:
    1.Buatlah halaman baru dengan ukuran 600 x 600 pixels, Resolution (200), Contents (White), beri nama Radial Blur. Caranya membuat halaman baru, klik menu File>New.
    2.Tekan Ctrl+Click, artinya secara bersamaan Anda mengklik tombol kiri mouse sambil menekan tomboll Ctrl pada keyboard.
    3. Merubah nama layer atau memberi nama layer, lakukan dengan cara melakukan dobel klik


    4.Jika dobel klik Anda lakukan pada icon image, maka akan muncul Blending Option yang berisi pilihan untuk melakukan memberikan Drop Shadow, Bevel and Emboss, Inner Shadow dan lain-lain. Perintah inipun akan sering Anda jumpai.
    5.Jika dobel klik Anda lakukan pada icon teks yang belum dirasterize, maka yang muncul pada halaman kerja Anda adalah seleksi teks. Seleksi ini berguna untuk memodifikasi teks, baik model font, ukuran font, maupun warna font.
     6.Grouping atau linking layer, lakukan dengan cara mengklik icon yang ada di sebelah icon


 
7.Melakukan seleksi pada layer, lakukan dengan Ctrl+click layer bersangkutan. Seleksi ditandai dengan munculnya garis putus-putus dinamis di sekeliling gambar yang diseleksi.



8.Jika Anda temui perintah, misalnya seperti masuk menu Filter>Blur>Gaussian Blur> berarti Anda harus mencari menu Filter pada menu bar, lalu mencari Blur, dan terakhir mencari Gaussian Blur.
9.Meng-copy (menduplikasi) layer, caranya drag (seret) layer yang hendak di-copy pada icon Create New Layer yang terdapat pada Layer Palette. Sedangkan untuk membuat layer baru  cukup dengan klik icon Create New Layer.



10.Jika Anda menemui perintah untuk mengganti warna dengan disertakan kode R=10, G=66, B=25 (sistem warna yang sering saya gunakan), maka Anda harus mengisi Color  Picker dengan ketentuan tadi.




Thanks.

Misteri ^_^
 

Baca Juga Yang Lain Sob..^_^



0 komentar:

===== Selamat Datang Di Kediaman Misteri Design ===== Silakan Isi Buku Tamunya ===== Misteri Punya Koleksi Lagu Dari Daerah Kota Lahat, Silakan Di Unduh ===== Misteri Mencoba Sharing Ilmu Yang Misteri Punya Kepada Sobat Sekalian ===== Semoga Dalam Postingan Ini Punya Banyak Manfaatnya Bagi Sobat Sekalian ===== Misteri Mohon Masukan, Kritikan, Dan Komentarnya Dari Sobat Sekalian ===== Terima Kasih Atas Kunjungannya ===== Mohon Berkunjung Kembali =====

  © Blogger template 'Froggy' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP  

Selamat Datang Di Misteri Design

Selamat Datang Di Kediaman Misteri Design, Disini Misteri Mencoba Share ilmu Yang Misteri Punya Kepada Teman-Teman Bloger Sekalian, Semoga Apa Yang Teman-Teman Butuhkan Ada Di Bloger Ini. Di Mohon Kesediannya Untuk Mengisi Buku Tamu. Terima Kasih Atas Kunjungannya, Mohon Berkunjung Kembali, Misteri ^_^

My Profil

Nama Saya Misteri, Saya Mahasiswa Profesional 1 Tahun Palcomtech Lahat.

Blog

Chat Dengan Misteri

Misteri